Monday, July 22, 2013

Buah Durian

Daerah di Desa Pangsan juga menghasilkan Durian sebagai komuditi unggulannya , jenis durian yang ditanam adalah durian unggul yaitu durian yang memiliki kulit tipis, biji kecil dan memiliki daging yang tebal dan aroma yang khas.

Kondisi iklim di Desa pangsan sangat cocok untuk penanaman Durian. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya pohon Durian yang terdapat di perkebunan ataupun persawahan di Desa Pangsan.

Durian yang ditanam di Desa Pangsan rata – rata sudah berumur tahunan dan hanya sebagian kecil yang berumur puluhan tahun. Hasil perkebunan durian ini banyak dijual keluar Desa Pangsan seperti ke Denpasar, selain itu jika musim durian sudah tiba sebagian masyarakat menjual hasil panen mereka dipinggir jalan dan diwarung – warung.

Durian merupakan buah musiman. Biasanya buah Durian berbuah lebat di awal tahun yaitu pada bulan januari dan februari. Pada hari-hari tersebut petani-petani Durian di desa pangsan mulai membuka stand-stand sederhana di pinggiran jalan. Tidak hanya pada wilayah jalanan di Desa Pangsan, banyak petani yang berjualan disepanjang jalan raya Bedugul - Denpasar guna mencari penjualan yang lebih.

0 comments:

Post a Comment