Wednesday, July 3, 2013

Wilayah Desa

Sebagai salah satu desa yang merupakan linmas Ibu Kota Kecamatan Petang. Secara umum di Bali , setiap desa memiliki dua sistem banjar yaitu Desa Adat dan Desa Dinas. Desa Pangsan adalah salah  desa  yang memiliki dua sistem banjar  yaitu Banjar Adat dan Banjar Dinas. Desa adat merupakan lembaga tradisional yang mempunyai otonomi sendiri dan telah mampu berperan aktif dalam melakukan pembangunan fisik dan non fisik.  Lima banjar adat  yang ada di Desa Pangsan adalah  Banjar Adat Sekarmukti,  Pundung , Kasianan , Tengah dan Dalem.

Br. Sekarmukti / Pundung

 Br. Pangsan

Br. Kasianan

Terdapat empat banjar dinas yaitu Banjar Dinas Sekarmukti , Banjar Dinas Pundung , Banjar Dinas Kasianan dan Banjar Dinas Pangsan. Dari empat banjar dinas ini , banjar dinas yang memiliki keunikan tersendiri adalah Banjar Dinas Pundung dan Sekarmukti dimana kedua banjar ini dibangun pada satu atap (satu bale banjar).

Untuk banjar dinas di Desa Pangsan total jumlah kepala keluarga yang terdaftar adalah sebagai berikut :
  1. Untuk Desa pangsan jumlah kepala keluarga yang terdaftar adalah 159 kepala keluarga dengan rincian sebanyak 150 kepala keluarga laki – laki dan perempuan sebanyak 9 kepala keluarga.
  2. Untuk Banjar Kasianan kepala keluarga sebanyak 172 dengan rincian 163 kepala keluarga laki – laki dan perempuan sebanyak 9 kepala keluarga.
  3. Untuk banjar sekarmukti jumlah total kepala keluarga  adalah 164 kepala keluarga dengan rincian 161 kepala keluarga laki – laki dan 3 kepala keluarga perempuan.  
  4. Untuk Banjar Pundung total kepala keluarganya adalah 144 kepala keluarga dengan rincian 141 kepala keluarga laki – laki dan 3 kepala keluarga perempuan.
Dalam  menjalankan tugas dari masing – masing banjar dinas ini maka dipilihlah kelian dinas yang memiliki tugas antara lain adalah melakukan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan ketertiban masyarakat di wilayah kerjanya, melaksanakan peraturan desa di wilayah kerjanya, dan melakukan kebijakan kepala desa di wilayah kerjanya.

Berikut ini adalah nama – nama kelian dinas yang mejabat sebagai kelian dinas di Desa Pangsan yaitu :
  1. Banjar Pundung , kelian dinasnya adalah I Wayan Jarwa
  2. Banjar Kasianan, kelian dinasnya adalah I Gusti Made Arsana 
  3. Banjar Sekarmukti, kelian dinasnya adalah I Ketut Suaja 
  4. Banjar Pangsan, kelian dinasnya adalah I Gusti Ngurah Putu Sumayasa

Dalam melakukan pembinaan terhadap kaum muda – mudinya di Desa Pangsan setiap banjar dinas memiliki perkumpulan yang dinamakan sekaa teruna. Untuk Banjar Sekarmukti dan Pundung nama Sekaa Terunanya  adalah Sekaa Teruna Sekar Jepun. Untuk banjar Pangsan nama  Sekaa Terunanya adalah Sekaa Teruna Dharma Tunggal. Untuk Banjar Kasianan nama Sekaa Terunanya adalah Sekaa Teruna Putra Kanti.



0 comments:

Post a Comment